2 Teknik Percetakan Sablon Dari Zaman Dulu Hingga Sekarang

Percetakan Sablon

Sablon merupakan teknik memindahkan suatu gambar/citra ke atas berbagai media seperti kain, kayu, kertas, plastik, kulit, dan lain-lain. Sablon menjadi jenis usaha yang memiliki peluang cukup baik, di samping itu, kini semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula teknik percetakan sablon yang tersedia.

2 Teknik Percetakan Sablon

Berikut telah dirangkum pemaparan singkat terkait teknik – tenik sablon yang sudah ada dari dulu hingga saat ini.

1. Sablon Konvensional

Sablon konvensional atau sablon press merupakan teknik sablon yang tergolong teknik lama di mana pekerjanya lebih banyak melibatkan diri di hadapan tinta dan perlengkapan sablon. Sablon press memberi tekanan pada screen agar tinta meresap masuk dan kuat ke dalam media sablon. Teknik ini jelas membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang banyak. Sablon press dibagi ke dalam dua bagian, yaitu sablon manual dan sablon otomatis. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan mesin, di mana mesin pada teknik sablon otomatis bertujuan untuk mengurangi tenaga masuia dan mudah dalam mengatur tekanan tinta.

2. Sablon digital

Sablon digital merupakan teknik sablon yang lebih modern di mana pekerja tidak lagi terlalu intens berjibaku dengan tinta dan mesin, melainkan dengan komputer. Sejauh ini ada tiga jenis sablon digital, yaitu sablon polyflex yaitu teknik menempelkan stiker pada kain, biasanya diaplikasikan ke kain jersey. Kedua, teknik  sablon dyesublimation yang hampir sama dengan teknik polyflex, hanya saja transfer papernya dicetak terlebih dahulu menggunakan printing. Dari segi kualitas, hasil sablon yang menggunakan teknik ini memiliki kualitas yang lebih rendah. Ketiga, teknik sablon directtogarmet atau DTG. Teknik ini adalah teknik langsung cetak menggunakan printer inkjet yang memiliki hasil lebih detail hampir seperti desain yang telah dirancang.

Adapun benda-benda yang dapat disablon cukup variatif, seperti kain, kulit, kertas, bahkan keramik. Salah satu benda yang populer menggunakan teknik sablon adalah gelang tiket wristband.

Gelang wristband adalah gelang yang banyak digunakan sebagai penanda keikutsertaan dalam suatu acara atau kegiatan tertentu atau legalitas masuk ke dalam tempat tertentu. Gelang ini dapat dikostum nama kegiatan atau logo kegiatan dan tempat dengan teknik sablon. Teknik sablon pada gelang ini dimaksudkan agar logo atau nama kegiatan tertentu tidak mudah hilang jika terkena air.

COMMENTS