5 Hal Dasar Belajar Seo Untuk Pemula

5 Hal Dasar Belajar Seo Untuk Pemula

Algoritma Google yang selalu diperbarui merupakan alasan mengapa para pemilik website dan SEO spesialist harus mengubah strategi SEO mereka mengikuti perubahan yang ada. Jika tidak diubah, peringkat website akan sulit naik dan kemungkinan untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian semakin kecil karena strategi lama sudah tidak relevan dengan algoritma yang baru.

Sebagai seorang pemula, belajar SEO dari dasar adalah hal penting yang tak boleh dilewatkan. Konsep dasar akan membantu pemahaman materi SEO selanjutnya, mulai dari bagaimana membuat konten berkualitas dengan SEO friendly, apa itu riset keyword, serta teknik dan tools apa saja yang efektif digunakan agar tujuan penerapan strategi SEO berjalan sesuai rencana.

Belajar SEO untuk Meningkatkan Peringkat Website di Google

5 Hal Dasar Belajar Seo Untuk Pemula

Google merupakan salah satu web browser yang banyak dipakai pengguna internet ketika mereka membutuhkan informasi. Oleh karena itu, banyak pemilik website yang berlomba-lomba menempati peringkat pertama hasil penelusuran agar banyak pengguna Google yang mengunjungi website mereka.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan strategi SEO yang baik. Berikut setidaknya 5 hal dasar yang perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum memulai strategi SEO pada sebuah website:

1. Konsep Dasar SEO

Hal paling pertama yang perlu dipahami dalam belajar SEO untuk pemula adalah konsep dasar SEO itu sendiri. Secara garis besar, SEO merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat sebuah halaman website menempati peringkat pertama di hasil pencarian. Peringkat pertama ini sangat penting bagi pemilik website karena mayoritas orang yang melakukan pencarian di Google hanya akan membuka website yang berada di halaman pertama.

Sebenarnya, tidak ada yang benar-benar tahu tentang algoritma pencarian Google atau bagaimana cara kerja Google dalam menentukan website mana yang layak muncul di peringkat teratas dan mana yang tidak layak selain pembuat algoritma tersebut. Namun dengan hadirnya jasa pbn berkualitas yang sudah merumuskan sejumlah indikator utama SEO di Google, pemilik website dapat terbantu.

2. Optimasi Website

Salah satu cara belajar SEO dalam hal optimasi website adalah dengan memasang Google Analytics. Hal ini karena Google Analytics memiliki banyak fungsi seperti mengidentifikasi performasi halaman website, perangkat yang dipakai pengunjung website, mengetahui rata-rata berapa lama yang dihabiskan pengunjung, serta mengetahui sebagaran lokasi mereka.

3. Riset Keyword untuk Konten

Konten yang berkualitas adalah konten yang berisi informasi bermanfaat. Namun untuk meningkatkan kemungkinan konten tersebut muncul di peringkat atas hasil pencarian, belajar SEO menjadi penting.

Kesalahan yang paling sering dilakukan pemilik website dalam membuat konten adalah tidak melakukan riset keyword atau kata kunci. Padahal riset tersebut sangat diperlukan karena jika keyword yang dimasukan ke dalam konten merupakan kata kunci yang sering dicari oleh banyak orang di Google, peringkat website bisa naik.

4. SEO On Page

SEO on page adalah optimasi SEO yang dilakukan pada halaman website yang bersangkutan. Ada banyak sekali langkah yang dapat dilakukan, seperti membuat judul menarik untuk konten, menambahkan gambar atau video sebagai media visual, membuat sub heading yang relevan, serta mengatur penggunaan link.

5. SEO Off Page

Selain SEO on page, hal yang perlu dilakukan selanjutnya dalam belajar SEO adalah optimasi kualitas website dari faktor-faktor eksternalnya yang dikenal dengan istilah SEO off page. Satu diantara faktor eksternal tersebut ialah backlink atau link dari luar yang mengarah ke wesite yang bersangkutan.