Benarkah Adsense dari Aktivitas Blogging Mulai Meredup?

Blogging atau mengelola blog adalah model bisnis menguntungkan yang dapat dimulai dengan modal yang minim.  Berbeda dengan website, blog adalah sebuah laman yang diisi dengan konten secara update.  Blog bisa menjadi salah satu bagian dari sebuah website.   

Blog ini dapat kamu kelola secara individu.  Jika mendapatkan banyak pengunjung, kamu dapat mendaftarkan blogmu sebagai publisher adsense.  Inilah sumber pendapatan dari seorang blogger. Sebelum tertarik lebih jauh menggeluti bisnis blogging dan menggunakan jasa SEO murah Jakarta, ada baiknya kamu pahami dulu lika liku adsense yang sedang terjadi di Indonesia.

Pengertian Google Adsense

Adsense yang memberikan penghasilan untuk para blogger berasal dari program periklanan Google, yang lebih dikenal dengan nama Google Adsense.  Seluruh pengguna alias blogger boleh mendaftarkan diri sebagai publisher untuk program ini.  Bayaran dari Google didapatkan ketika pengunjung blog men-klik iklan yang tampil di laman tersebut.  Jika belum mengerti, kamu dapat meminta bantuan jasa SEO murah terkait penerapan Google Adsense ini ya.     

Fenomena Google Adsense di Indonesia

Seorang pebisnis blog di Indonesia mengeluhkan turunnya jumlah penghasilan yang Ia dapat dari adsense blogging.  Hal ini terus terjadi sejak November 2015.  Puncaknya pada 2016, secara nasional jumlah adsense menurun.  Padahal jika sesuai prediksi, seharusnya tahun itu adalah tahun keemasan bagi publisher adsense.

Mengapa fenomena Itu Terjadi?

Menurunnya jumlah adsense tentu disebabkan oleh berkurangnya jumlah advertiser yang menggunakan jasa periklanan Google. Penurunan adsense merupakan akumulasi efek ketidakpercayaan advertiser terhadap publisher yang tidak bertanggung jawab atau nakal. Kamu harus memastikan setiap artikel yang kamu pesan dari jasa SEO murah memiliki kualitas konten yang baik karena Google telah memberlakukan aturan yang ketat untuk mengatasi hal ini.    

Faktor lain yang memengaruhi fenomena ini adalah iklim bisnis digital di Indonesia yang belum merata.  Contohnya saat terjadi penolakan masyarakat terhadap digitalisasi transportasi ojek dan taksi.  Indonesia masih mengalami masa transisi digital sehingga jumlah UMKM  sebagai calon advertiser masih terbatas. 

Secara Global Adesense Blogging Tetap Menguntungkan

Jika iklim adsense blogging di Indonesia tengah meredup. Secara global, bisnis ini tetap menguntungkan. Pada 2017, setiap bulannya website SmartPassiveIncome.com memperoleh ratusan ribu US dollar.  Penghasilan The Hunffington Post bahkan mencapai 2,3 juta US dollar dalam kurun waktu satu bulan.

Hal ini dipengaruhi oleh proses digitalisasi bisnis yang telah berjalan dengan baik.  Artinya hampir semua jenis usaha telah menggunakan digital tools untuk mempromosikan bisnis mereka.  Berdasarkan hal ini, penghasilan adsense dari aktivitas blogging di Indonesia tetap berpotensi tumbuh dengan pesat.  Tentu saja jika proses digitalisasi bisnis telah berjalan optimal ya.  Jika belum berpengalaman, sebaiknya kamu  gunakan hasil di https://jayaseo.com/ untuk terus meningkatkan performa webmu.