Tanpa Ribet! Ini 3 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kepala

Tanpa Ribet! Ini 3 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Kepala

Adanya ketombe di kulit kepala adalah hal yang menyebalkan, pasalnya ketombe ini membuat kulit kepala kita terasa amat gatal. Dan biasanya setelah digaruk, mereka akan berjatuhan pada baju yang kita pakai. Hal itu sangatlah menganggu sehingga dapat membuat kurangnya rasa percaya diri kita.

Adapun Ketombe adalah kondisi kepala yang umum di masyarakat, bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan. Ketombe bukanlah hal yang sepele, karena hal ini cukup merusak rasa percaya diri seseorang. Meskipun ketombe tidak menular, tapi rasa geli dan jijik yang orang perlihatkan membuat kita tidak PD.

Penyebab Adanya ketombe di Kepala

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe di kepala, kita harus mengetahui dulu apa saja penyebab dari munculnya ketombe ini. Penyebab dari ketombe sendiri ada berbagai macam, bukan saja soal kebersihan, bisa juga karena ketidakcocokan. Berikut penjelasannya:

1. Pemilihan Sampo yang Sembarangan

Tidak semua orang bisa sembarangan menggunakan produk sampo, ada beberapa di antara mereka yang memiliki kulit kepala yang sensitif sehingga ketika mereka menggunakan produk yang tidak cocok, mulai timbul masalah pada kepalanya termasuk ketombe.

2. Jarang Keramas

Jarang keramas atau mencuci rambut adalah kebiasaan yang buruk. Selain karena bau yang apek, hal tersebut akan menyebabkan kepalamu jadi kotor loh. Mulai dari munculnya ketombe, bahkan hingga kutu.

3. Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas juga bukanlah hal yang baik ya, karena hal ini akan membuat rambut tidak memiliki waktunya untuk bernafas.

4. Infeksi Jamur Malassezia

Jamur ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak terlalu penting, namun jika berlebihan dan dibiarkan jamur ini akan menyebabkan iritasi kulit dan ketombe.

Setelah kamu mengetahui penyebab dari timbulnya ketombe ini, tentu kamu bisa melakukan tindak pencegahan untuk masalah kepalamu. Jangan khawatir, karena ada 5 cara menghilangkan ketombe dengan mudah yang sudah dirangkum untuk kamu.

Cara menghilangkan ketombe

1. Cuka Apel

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cuka apel memang dikenal memiliki beberapa manfaat, selain bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Beberapa penelitian membuktikan, bahwa cuka apel bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Hal itu karena larutan ini memiliki sifat asam yang bisa mengubah ph kulit kepala kita agar tidak terkena jamur

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu masukan ¼ gelas cuka apel ke dalam botol dan campurkan air, lalu semprot secara merata pada kulit kepala, setelah itu bungkus rambut dengan handuk dan biarkan 30 menit, kemudian bilas hingga bersih

2. lidah Buaya

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Siapa yang tidak tau lidah buaya? Sejak dulu lidah buaya telah banyak digunakan oleh masyarakat, dari dijadikan bahan minuman hingga untuk kecantikan. Ternyata, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, seperti bisa membuat rambut berkilau, menghitamkan rambut, menguatkan akar, mencegah rambut rontok, dan bisa menghilangkan ketombe.

Baca Juga : Inilah Gaya Poni yang Cocok Sesuai Bentuk Wajah

Cara menggunakannya, haluskan daging lidah buaya, oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala, pijat dengan lembut, biarkan selama 30 menit kemudian bilas

3. jeruk Nipis

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang memiliki banyak vitamin. Seperti vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, dan lainnya. Penggunaan yang rutin pada kulit kepala akan menghilangkan ketombe yang ada.

Cara menggunakannya, peras buah jeruk nipis, campurkan air, oleskan pada rambut, diamkan 3-5 menit hingga meresap, lalu bilas

Itulah 3 langkah mudah cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu bisa tampil percaya diri tanpa ketombe yang bandel.