Cara Ampuh Atasi Hasil Print Bergaris dan Putus-putus

Cara Ampuh Atasi Hasil Print Bergaris dan Putus-putus

Seorang pelajar atau profesional pasti tidak akan bisa lepas dari kebutuhan printing atau cetak berkas, baik untuk tugas sekolah maupun kantor. Makanya, kebanyakan dari mereka mempunyai printer sendiri daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar harga jasa print hitam putih atau berwarna. Tapi, apa jadinya jika ternyata hasil cetak malah jadi bergaris atau putus-putus? Tulisan jadi tidak bisa terbaca jelas dan gambar jadi tidak sempurna. Tenang saja, masalah cetak seperti itu ada solusi jitunya!

Harga Print Hitam Putih Memang Murah, Tapi Alangkah Baiknya Perbaiki Hasil Print Sendiri dengan 3 Langkah Head Cleaning!

Cara Ampuh Atasi Hasil Print Bergaris dan Putus-putus

Cara ampuh untuk atasi permasalahan hasil print yang bergaris dan putus-putus adalah dengan melakukan head cleaning pada mesin printer. Tujuannya agar pewarnaan tinta menjadi lebih sempurna dan merata sesuai dengan lekuk tulisan atau gambar. Caranya sangat mudah dan dijamin hasil print kembali sempurna seperti sedia kala. Ikuti 3 cara mudah head cleaning berikut ini!

1. Buka “Control Panel”, Pilih “Devices and Printers”

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka “control panel” dengan cara klik start menu dan cari “control panel. Atau kamu bisa juga membukanya dengan menekan timbol windows + R secara bersamaan, kemudian ketikkan “control panel”. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Cari dan klik “devices and printers”. Opsi tersebut berfungsi sebagai pengaturan berbagai perangkat keras yang terhubung dengan komputer, termasuk printer.

2. Masuk “Print Properties”

Setelah memilih “devices and printers”, ada beberapa gambar perangkat keras termasuk printer yang muncul. Pilih printer sesuai dengan nama dan seri mesin printer yang kamu miliki. Misalnya, printer kamu bermerek Epson, maka pilih printer Epson. Biasanya ada tanda centang berwarna hijau untuk menunjukkan bahwa jenis mesin printer itu sudah terinstalasi dengan komputer dan dalam keadaan aktif. Klik kanan pada gambar printer dan pilih “print properties”.

3. Lanjut dengan “Head Cleaning”

Coba perhatikan di bagian atas bar, di situ ada beberapa opsi seperti “main”, “more options”dan “maintenance”. Untuk membuka pilihan “head cleaning, pilih “maintenance”. Selanjutnya kamu klik “head cleaning” yang disimbolkan dengan huruf A bergaris dan putus-putus. Tunggu prosesnya beberapa menit sampai tuntas. Dan lihatlah hasil printer akan kembali normal.

Itulah cara ampuh mengatasi hasil print yang bergaris dan putus-putus. Selamat mencoba!