Cara Memasang Lantai Vinyl Murah Sendiri Di Rumah

Cara Memasang Lantai Vinyl Murah Sendiri Di Rumah – Lantai vinyl merupakan salah satu jenis lantai yang banyak digunakan pada rumah minimalis atau berkonsep classic. Jenis lantai yang satu ini menjadi solusi banyak orang untuk menciptakan rumah dengan nilai estetika yang tinggi. Bukan hanya itu, lantai vinyl juga dikenal tahan lama dan tidak mudah terbakar, serta mudah untuk dibersihkan. Bahkan saat ini sudah banyak toko yang menjual vinyl yang anti rayap.

Cara Memasang Lantai Vinyl Murah Sendiri Di Rumah

Untuk pembagiannya, lantai ini dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu; vinyl plank, tile, dan rool. Dengan berbagai jenis lantai tersebut, Anda bisa memilih salah satunya. Berdasarkan pengalaman banyak orang, vinyl tile adalah jenis terbaik untuk Anda gunakan pada rumah minimalis. Nah, setelah menentukan  dan membeli jenis lantai vinyl yang akan digunakan, langkah selanjtunya  adalah melakukan pemasangan lantai. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara pemasangannya,  tidak perlu khawatir karena artikel berikut ini yang akan membantu Anda. Langsung saja disimak beberapa kiat-kiat memasang lantai vinyl di rumah ataupun tempat kerja.

Kiat-Kiat Memasang Lantai Vinyl di Rumah

1. Ketahui Luas Ruangan Terlebih Dahulu

Sudah sangat jelas bagi siapa pun yang berpengalaman memasang lantai vinyl, akan sepakat bahwa hal pertama yang harus dilakukan tidak lain adalah mengukur terlebih dahulu luas dari ruangan yang ingin dipasangi vinyl tile. Mengapa ini penting? Tentu agar memudahkan kalkulasi Anda dalam hal pembelian lantai vinyl-nya. Khususnya mengenai berapa banyak lembar vynil yang harus dipesan dan atau ukuran dari tiap-tiap vinyl.

2. Sterilkan Lantai dari Benda yang Dapat Menggagalkan Pemasangan Lantai Vinyl

Hampir sama ketika ingin memasang lantai resin atau karpet tile, penyebab kegagalan yang utama dalam pemasangannya adalah masih banyak tersisa bebatuan kecil atau partikel lain di permukaan lantai tersebut. Hal ini akan sangat menggaggu, belum lagi jika lantai yang ingin Anda instalkan vinyl tadi tidak memiliki permukaaan yang rata. Tentu akan semakin rumit dan lebih repot penyelesaiannya.

3. Gunakan Campuran Perekat yang Berkualitas, Segera Tempel  ke Lantai Sebelum Lem Mengering

Siapa pun tentu menginginkan lantai vinyl murah yang tahan lama dan tidak mudah lepas, maka Anda harus menyediakan perekat yang bisa membuat vinyl Anda tetap stuck di permukaan lantai. Belilah perekat yang memang betuk-betul bekualitas tinggi. Oleskan lem perekat secukupnya ke permukaan lantai dan jangan sampai lupa bagian bawah vinyl. Jangan mendiamkan lem perekat terlalu lama sebab dikhawatirkan akan mengering kembali. Tempelkan segera vinyl ke permukaaan lantai setelah perekat dibalurkan.

4. Jangan Sampai Ada Sudut Ruangan yang Luput Dari Pemasangan Lantai Vinyl

Kiat terakhir dalam pemasangan lantai vinyl adalah usahakan untuk menutupi semua sudut ruangan yang kosong menggunakan vinylJika misalnya ada ruang yang terlalu kecil untuk diinstalkan lantai vinyl, maka solusi yang bisa dicoba adalah dengan melakukan pemotongan menggunakan alat-alat sederhana seperti cutter, dan dibantu penggaris logam yang kuat. Terlebih lagi jika Anda menggunakan vinyl roll, maka proses pemotongan pun biasanya akan lebih banyak daripada jenis vinyl lainnya.

Lantai vinyl merupakan solusi bagi Anda pemilik rumah minimalis dengan lahan yang tidak begitu luas. Umumnya, sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakan vinyl tile daripada jenis lantai lainnya. Dengan kiat-kiat di atas, diharapkan kepada pembaca bisa mendapatkan ruangan ‘beralaskan’ vinyl yang sesuai dengan apa yang diekspektasikan dari awal.