Cara Merawat Lantai Parket dan Vinyl Yang Benar

cara-merawat-lantai-parket-dan-vinyl-yang-benar

Kita tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar kata lantai kayu atau lantai paket. Yup, pelapis lantai tersebut kini telah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup dari sebagian besar masyarakat. Kayu parket telah diterapkan oleh sebagian besar masyarakat untuk mendekorasi rumah agar sebuah ruangan terlihat lebih unik, menarik dan elegan sehingga membuat para penghuninya merasa nyaman dan tentunya betah tinggal berlama-lama di dalam rumah.

Sementara itu, penerapan pelapis lantai tersebut akan membuat daya tarik tersendiri bagi tiap tamu yang berkunjung ke rumah anda dan membuat nilai jual rumah tersebut semakin tinggi. Tidak hanya sebuah hunian saja yang telah menerapkan lantai parket, saat ini banyak apartemen dan perkantoran juga telah menerapkan pelapis lantai tersebut.

Lantai parket banyak disukai dan diteterapkan banyak orang sebab harga relatif lebih murah, proses pemasangan yang tidak terlalu ribet serta perawatannya cukup mudah tidak memerlukan alat-alat khusus.

Nah, berikut ini berbagai cara perawatan lantai parket dan lantai vinyl agar tahan lama, antara lain :

  1. Selalu rutin dalam menjaga kelembapan lantai, apabila terkena air maka sesegera mungkin dikeringkan menggunakan lap lembut agar lantai tersebut tidak cepat rusak dan menggelembung.
  2. Untuk perawatan yang optimal gunakanlah obat pel khusus yang aman sebab penggunaan bahan kimia akan menyebabkan kerusakan pada pelapis lantai tersebut.
  3. Dalam merawat lantai parket atau lantai kayu sebisa mungkin harus ada perlindungan pada perabotan yang terdapat di atas pemukaan lantai, sehingga tidak merusak lantai dan perabot tersebut.
  4. Apabila ingin memindahkan berbagai perabotan maka harus dengan cara diangkat agar tidak merusak pelapis lantai tersebut.
  5. Jika pelapis lantai tersebut sudah anda terapkan selama bertahun-tahun, maka dalam perawatannya harus menggunakan mesin scrubber agar lebih mempermudah dalam membersihkan permukaan lantai parket ataupun lantai kayu.

 

Penerapan Lantai Parket dan Lantai Kayu

Setelah anda sudah mengetahui berbagai cara sederhana dalam perawatan pelapis lantai tersebut, sekarang waktunya anda untuk mengetahui penerapan lantai parket dan lantai kayu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan di rumah anda, antara lain :

  1. Penerapan pada trap tangga

Untuk pengaplikasian pada anak tangga tentu akan memberikan kenyamaan saat para penghuni rumah berjalan diatas pelapis tangga tersebut. Sehingga membuat para penghuninya merasa lebih rileks.

 

  1. Decking

Pada penerapan untuk decking, jenis kayu yang cocok digunakan adalah kayu ulin meskipun harga  relatif lebih mahal. Yang terpenting penerapan decking baik itu di interior ataupun di eksterior pasti mampu menambah keindahan pada rumah tersebut. Dengan demikian memiliki nilai estetika tinggi.

 

  1. Interior flooring

Merupakan penerapan parket pada sektor lantai interior rumah. Berbeda dengan decking, pada interior flooring standar kekuatan kayu yang dipakai bisa sedikit berada di bawah.

Apakah anda ingin beralih menggunakan lantai paket? Jika berminat silahkan hubungi customer service kami di http://greenfloor.co.id/.