Cara Setting Print Hitam-Putih di Microsoft Word

 

Cara Setting Print Hitam-Putih di Microsoft Word

Saat ini banyak sekali keperluan kita sehari-hari yang memerlukan mesin pencetak atau yang sering kita sebut sebagai printer. Keperluan yang umumnya memerlukan percetakan antara lain tugas, laporan, makalah dan skripsi. Keperluan tersebut tentunya sangat membutuhkan tinta yang cukup banyak dalam mencetaknya. Dalam dunia percetakan, pewarnaan dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu pewarnaan hitam-putih dan juga pewarnaan berwarna.

Mencetak atau print sebuah file, data atau dokumen dengan menggunakan tinta yang berwarna cukup lebih banyak menguras biaya. Mencetak dengan warna yang bervariasi akan mempengaruhi kombinasi dari beberapa warna dasar. Sehingga memerlukan banyak jenis warna dan memerlukan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, kebanyakan orang menggunakan percetakan dengan tinta yang berwarna hitam putih saja jika keperluan tersebut tidak terlalu penting. Kebanyakan orang menggunakan tinta yang berwarna hitam putih dalam mencetak beberapa dokumennya. Terlebih lagi para mahasiswa yang memiliki segudang tugas dan pekerjaan yang rata-rata menggunakan percetakan. Percetakan yang berwarna hitam putih sangat cocok sekali dengan kantong mahasiswa. Mahasiswa yang hidup mandiri dan bekerja demi diri sendiri tentunya sering mendapatkan permasalahan mengenai biaya atas keperluannya. Mencetak dokumen maupun tugas lainnya dengan tinta hitam putih akan menghemat pengeluaran.

Harga print hitam putih yang murah saat ini sesuai dengan kantong mahasiswa berkisar 500 rupiah perlembarnya. Sering kali kita temukan tempat percetakan dokumen yang berada didekat area kampus. Tempat percetakan menargetkan mahasiswa sebagai target pasarnya. Sedangkan, hanya tempat percetakan yang murahlah yang banyak dicari oleh mahasiswa. Karena hal tersebut, tempat percetakan yang murah menjadi dambaan para mahasiswa.

Umumnya para mahasiswa mempunyai laptop tersendiri ataupun gadget seperti smartphone yang dapat mengedit dan mencetak sebuah dokumen. Hasil cetakan dokumen yang hanya berwarna hitam putih tentunya memiliki settingan khususnya. Settingan print berwarna hitam putih umumnya dilakukan pada Microsoft Word.

LANGKAH MENYETTING MICROSOFT WORD UNTUK PRINT HITAM PUTIH

1. Buka Dokumen Anda

LANGKAH MENYETTING MICROSOFT WORD UNTUK PRINT HITAM PUTIH

 

Tentunya sebelum mencetak atau print suatu dokumen, anda harus membuka dokumen yang ingin anda print. Jika dokumen sudah terbuka, maka klik tab File lalu klik Print. Cara singkatnya yaitu dengan menekan Ctrl+P untuk melihat settingan print dokumen anda.

2. Menyetting Aspek Printing Anda

2. Menyetting Aspek Printing Anda

 

Anda dapat membuka printer properties dalam tab Print. Setelah terbuka, maka klik tab Main dan silahkan anda memberi centang pada “Grayscale Printing”. Dengan mencentang kolom tersebut, maka settingan untuk dokumen anda nantinya adalah print hitam putih. Jika sudah mencentangnya, lalu anda klik OK.

3. Print Dokumen Anda

3. Print Dokumen Anda

 

Jika anda sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya, anda tinggal klik Print pada Microsoft Word anda. Printer akan memulai mencetak dokumen anda dengan tinta hitam saja. Mencetak atau print dengan hitam putih sangat dapat menghemat biaya pengeluaran. Harga print hitam putih akan lebih murah dari pada print berwarna-warni seperti di warujayaprinting .

Sekian ulasan mengenai cara menyetting print dokumen anda dengan menggunakan tinta berwarna hitam putih. Semoga bermanfaat, terima kasih. Have a nice day!