INGIN CIPTAKAN BANGUNAN YANG INDAH DAN KOKOH? PIHAK-PIHAK INI WAJIB ANDA HUBUNGI

Punya bangunan yang indah dan kokoh tentu menjadi serupa dengan semua orang. Namun untuk menciptakan bangunan seperti tersebut kepada siapa sebaiknya minta bantuan? Kontraktor bangunan si? Arsitek atau insinyur enteng? Ketiganya merupakan pihak yang tepat untuk dimintai sambung tangan dalam menciptakan bangunan yang kokoh dan indah.

TAKRIF DAN PERAN ARSITEK, INSINYUR SIPIL, DAN KONTRAKTOR

Khususnya antara arsitek dan operator sipil, masyarakat umum amat sering keliru dan tidak bisa membedakan keduanya. Lalu yang dapat Anda pahami perbedaannya:

1. ARSITEK

Ilmu arsitek atau arsitektur ialah suatu ilmu yang menyelisik seni dan teknik bangunan. Arsitek fokus pada rancangan, perancangan dan penataan. Pencipta lebih fokus bekerja dalam dalam ruangan. Misalnya pendiri memperhatikan bentuk bangunan, material yang sebaiknya digunakan, penataan interior, penentuan konsep dan tema, penentuan warna, furnitur yang sebaiknya digunakan, dan hal-hal lain yang terkait desain.

2. INSINYUR GAMPANG

Berbeda dengan arsitek yang bekerja dalam ruangan, operator sipil bekerja ke lokasi tapi bukan berarti sebagai kuli melainkan mengontrol kerja para pekerja bangunan. Apakah kerjanya hanya mengontrol pegawai? Tentu saja lebih daripada itu. Ketika arsitek mengukuhkan jenis material dan wujud bangunan, insinyur sipil teras pada apakah material itu dengan bentuk bangunan khusus akan kuat. Insinyur enteng memperhitungkan ukuran, material, sampai penempatan agar bangunan kokoh. Selain itu, insinyur enteng juga kerap memperhitungkan RAB (rencana anggaran biaya) yang akan habis untuk sebuah bangunan.

Jadi, perbedaan yang paling mencolok antara pendiri dan insinyur sipil ialah arsitek lebih bekerja dengan seni dan imajinasi, sedangkan insinyur lebih bekerja dengan fisika dan matematika.

Untuk lebih mudahnya lagi, ada beberapa perbedaan yang akan memudahkan Anda memahami dua-duanya:

  • Arsitek membuat bangunan menjadi indah, insinyur sipil membuat bangunan menjadi kokoh
  • Pencipta membuat makna dari bangunan, insinyur sipil menjelaskan pembawaan dan mutu sebuah bangunan
  • Arsitek membuat gambar, operator sipil merealisasikannya menggunakan sistem
  • Arsitek merancang bangunan dalam gambar, insinyur sipil membuat RAB bangunan

3. PEMBORONG

Kontraktor bangunan adalah sekumpulan pekerja yang bertugas untuk merampungkan sebuah bangunan. Pemborong adalah sebuah lembaga resmi yang berisi kumpulan orang-orang yang secara real berlaku di lapangan. Kontraktor lazimnya ada macam-macam tergantung keahlian, seperti kontraktor rumah, pemborong gedung, kontraktor interior, pemborong jembatan, dan masih penuh lagi. Jadi, ketika pendiri selesai merancang bangunan, operator sipil juga selesai menerka bangunan, barulah kontraktor yang membuat bangunan tersebut yang tentunya di bawah pengawasan insinyur sipil.

Dalam membuat sebuah bangunan yang menawan dan kokoh, ketiga pihak yaitu arsitek, insinyur enteng dan kontraktor wajib ada membantu Anda. tidaklah selit-belit menemukan pihak-pihak tersebut, lagi pula banyaknya universitas yang mengeluarkan lulusan-lulusan yang berasal daripada jurusan arsitektur dan sistem sipil. Selain itu, ada pula kontraktor yang dalam dalamnya sudah ada pendiri dan insinyur sipilnnya. Oleh karena itu Anda tidak perlu repo-repot mencarinya secara terpisah.