Inilah Poin Penting Sistem Keselamatan Di Bus

Inilah Poin Penting Sistem Keselamatan Di Bus

Saat ini teknologi bus telah bertranformasi dan berkembang dengan cukup pesat. Sebagai bukti akan hal tersebut diantaranya dari sistem navigasi dan kendali telah ada bus otonom yang mengkombinasikan fitur broadband. Semantara itu dari aspek keamanan kita telah mengenal bus high deck sampai hadirnya sleeper bus untuk perjalanan dengan jarak jauh. Tapi, bagaimana dengan aspek keamanan pada bus?

Sebuah bus khususnya untuk keperluan pariwisata dengan tampilan body yang menarik dengan karoseri yang keren faktanya belum menjadi jaminan bahwa bus tersebut telah memenuhi aspek keamanan pada sistemnya termasuk untuk keselamatan para penumpangnya. Pada umumnya ada sistem keselamatan yang menjadi kunci pada sebuah bus, entah bus umum ataupun bus khusus pariwisata.

Sekarang ini banyak masyarakat kita yang berwisata dengan menggunakan sewa bus pariwisata, sebab moda transportasi tersebut dinilai sangat praktis dan efisien dalam memenuhi kebutuhan para konsumennya. Selain itu harga sewa bus yang murah dan terjangkaulah yang membuat masyarakat banyak menggunakan bus pariwisata tersebut.

Dengan meningkatnya permintaan bus pariwisata, maka semakin banyak bermunculan perusahaan jasa bus pariwisata. Sewa bus pariwisata Jakarta merupakan perusahaan  oto bus terbaik dan terpercaya yang berlokasi di Ibukota. Perusahaan tersebut sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki reputasi yang baik di bidang transportasi dan parwisata.

 

Mengenal Sistem Keselamatan Pada Bus

Berikut ini ada beberapa sistem keselamatan bus yang berlaku di Indonesia dan dunia internasional, antara lain :

  1. ABS (Antilock Brake System)

Adalah teknologi keselamatan yang disematkan pada sistem pengereman kendaraan. Cara kerja Teknologi tersebut ialah ketika kendaraan melakukan pengereman secara mendadak, tak terjadi penguncian roda sehingga dapat mencegah kendaraan tergelincir dan tabrakan beruntun.

 

  1. EBS (Electronic Braking System)

Adalah sistem pengereman elektronik yang dapat bekerjasama dengan ABS. Sementara itu, EBS bekerja untuk mengontrol tiap tekanan yang bervariasi dan akan didistribusikan ke masing-masing roda. Namun hal ini tergantung pada kondisi jalan, muatan, kecepatan dll. Selain itu EBS juga mampu untuk merespon dengan cepat seandainya terjadi pengereman secara mendadak.

 

  1. ESC (Electronic Stability Control)

Adalah sebuah teknologi komputerisasi keselamatan untuk meningkatkan stabilitas kendaraan dengan cara mendeteksi hilangnya kontrol kemudi dan secara otomatis ESC akan mengatur rem untuk membantu mengarahkan kendaraan saat pengemudi lepas kendali.

 

  1. ACC (Adaptive Cruise Control)

Adalah alat yang berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan secara otomatis saat posisi terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depannya.

 

  1. ESP (Electronic Stability Programme)

Ialah sebuah sistem yang mampu mengontrol daya pengereman masing-masing roda yang berfungsi untuk mencegah terjadinya slip secara efektif.

 

Selektif Dalam Memilih Bus Pariwisata

Departemen perhubungan melalui cabangnya di seluruh Indonesia, kini meminta masyarakat untuk lebih selektif dan harus berhati-hati jika ingin menggunakan jasa bus pariwisata. Para warga dihimbau agar memilih perusahaan oto bus yang sudah mempunyai izin resmi kepemilikan trayek yang jelas dan memiliki supir serta kru yang handal berpengalaman.

Hal ini dilakukan demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan para penumpang agar terhindar dari kejadian yang tak diinginkan. Silahkan kunjungi http://mustikaholiday.id/. Di website tersebut anda bisa mendapatkan layanan sewa bus dengan armada terbaik.