Keamanan Bus Pariwisata: Lima Hal yang Harus Anda Ketahui

Tanyakan kepada siapa pun apa yang paling penting ketika memilih perusahaan bus charter untuk transportasi kelompok dan — secara langsung — mereka akan memberi tahu Anda “keselamatan bus.” Tetapi bagaimana seorang perencana perjalanan tahu dengan pasti bahwa penumpang akan aman?

Keamanan Bus Pariwisata

Seperti bencana udara dan tergelincirnya kereta api, kecelakaan bus sangat jarang terjadi. Namun, ketika itu terjadi, mereka mendominasi berita dan mengguncang kita sampai ke intinya; dan untuk sementara, semua orang takut bepergian. Tapi baca di luar tajuk berita dan Anda akan segera mengetahui bahwa bus tetap menjadi transportasi teraman di sekitar. Sayangnya, terlalu banyak kelompok yang menyewa operator charter yang tidak memenuhi standar keselamatan federal dan membuat penumpang mereka dalam risiko.

Lima hal tentang keamanan bus

Misalnya, dalam mensurvei 333 universitas Divisi I yang menggunakan perusahaan sewa bus pariwisata untuk mengangkut atlet, ESPN menemukan bahwa lebih dari 25 persen sekolah menggunakan perusahaan dengan peringkat kurang memuaskan dari Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA). Sangat mudah — dan jauh lebih pintar — untuk mengonfirmasi bahwa perusahaan bus sewaan Anda memenuhi kriteria yang diperlukan untuk mengangkut grup Anda dengan aman.

Berikut adalah daftar periksa keselamatan yang dapat digunakan grup ketika memilih perusahaan bus sewaan.

1. Tanyakan ID mereka.

Tanyakan kepada perusahaan untuk nomor identifikasi Departemen Transportasi (USDOT) A.S. mereka. Perusahaan mana pun yang melewati batas negara harus menerima “otoritas antar negara” dari Administrasi Keselamatan Pengangkut Motor Federal. Memiliki nomor ID memberi tahu Anda bahwa perusahaan mematuhi persyaratan asuransi USDOT dan bahwa hal itu harus ditinjau dan diperiksa oleh otoritas federal dan negara bagian kapan saja.

2. Periksa catatan mereka.

Tinjau catatan keamanan perusahaan. Buka di www.safersys.org untuk melihat cuplikan dari catatan keselamatan perusahaan dan peringkat keamanannya (memuaskan, kondisional, atau tidak memuaskan). Pilih hanya operator dengan peringkat memuaskan.

Selain peringkat keamanan, snapshot ini akan memungkinkan Anda untuk:

  • Verifikasi bahwa operator berwenang untuk mengangkut penumpang untuk disewa.
  • Verifikasi bahwa perusahaan charter membawa jumlah minimum asuransi yang diperlukan ($ 1,5 juta untuk operator yang mengangkut 15 penumpang atau lebih sedikit, $ 5 juta untuk perusahaan yang mengangkut lebih dari 15 penumpang).
  • Tinjau catatan maskapai penerbangan tentang pelanggaran peraturan atau insiden “di luar layanan” dibandingkan dengan rata-rata nasional.
  • Tinjau catatan kecelakaan operator.
  • Periksa tanggal “tinjauan kepatuhan” terakhir perusahaan atau inspeksi di tempat oleh pihak berwenang.

3. Driver Anda Penting.

Anda perlu tahu bahwa pengemudi Anda sehat, istirahat, terlatih, dan siap jalan.

Verifikasi bahwa driver perusahaan memiliki SIM komersial (CDL) yang dikeluarkan oleh negara Anda.

Verifikasi bahwa pengemudi Anda memiliki sertifikat medis yang menunjukkan bahwa ia telah lulus ujian fisik yang memenuhi syarat dalam dua tahun terakhir.

Verifikasi bahwa perusahaan memerlukan pengemudi dan karyawan yang sensitif terhadap keselamatan (seperti mekanik) untuk menjalani tes narkoba dan alkohol.

Verifikasi bahwa driver perusahaan mematuhi peraturan jam layanan DOT, sebagai berikut:

Pengemudi bus dapat berkendara maksimum 10 jam setelah delapan jam berturut-turut tidak bertugas.

Pengemudi bus tidak boleh mengemudi setelah bertugas selama 15 jam. “Sedang bertugas” berarti mengemudikan atau melakukan pekerjaan lain untuk perusahaan sewaan (atau pemberi kerja lain) – termasuk penyimpanan catatan, pemeliharaan, atau bahkan duduk di bus menunggu kelompok Anda. Ketika batas “bertugas” 15 jam telah tercapai, pengemudi harus mengambil cuti setidaknya delapan jam.

Pengemudi tidak boleh mengemudi lebih dari 60 jam dalam periode tujuh hari, atau lebih dari 70 jam dalam periode delapan hari.

4. Harapkan Inspeksi.

Semua bus komersial harus diperiksa setidaknya sekali setahun untuk memastikan kepatuhan dengan undang-undang negara bagian dan peraturan federal untuk kebugaran mekanik, kualifikasi pengemudi, jam pelayanan, dan persyaratan lainnya. Banyak negara bagian melakukan inspeksi ini. Dengan tidak adanya inspeksi negara wajib, perusahaan harus mengatur inspeksi tahunannya sendiri. Mintalah untuk melihat laporan inspeksi terbaru.

5. Pastikan Anda Dapat Mencapai Mereka.

Konfirmasikan bahwa perusahaan memiliki sistem pengiriman darurat 24 jam, dengan orang-orang hidup bertugas yang dapat menangani perubahan menit terakhir, keadaan darurat, atau masalah tak terduga yang mungkin muncul. Jika Anda memerlukan bantuan di tengah malam, hal terakhir yang ingin Anda dengar di ujung telepon yang lain adalah suara yang direkam memberitahu Anda untuk “menelepon kembali selama jam kerja normal.”