Kesalahan Pemasangan Wallpaper Ini Wajib Dihindari!

Carauntukmembuat.com – Untuk membuat dinding menjadi terlihat cantik saat ini ada banyak opsi yang ditawarkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper dinding. Penggunaan wallpaper dinding ini dinilai lebih mudah dan simpel jika dibandingkan bahan-bahan lainnya. Apalagi mengingat ada banyak motif wallpaper dinding yang dapat digunakan.

Kesalahan Pemasangan Wallpaper Ini Wajib Dihindari!

Namun, meskipun banyak digunakan bukan berarti semua orang memahami benar tentang wallpaper dinding. Pasalnya masih ada banyak kesalahan yang dilakukan saat memasang wallpaper. Beberapa kesalahan yang umum ditemui akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Ragam Kesalahan Dalam Pemasangan Wallpaper

Sampai saat ini masih banyak yang memasang wallpaper dengan cara yang kurang tepat. Padahal pemasangan wallpaper ini perlu diperhatikan dengan baik agar hasilnya maksimal. Ada beberapa kesalahan pemasangan yang umum dilakukan, ada apa saja? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Tidak Memperhatikan Kondisi Permukaan yang Akan Dipasang Wallpaper

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan adalah tidak semua orang memperhatikan kondisi dinding yang akan dipasangi wallpaper. Padahal pada permukaan dinding tersebut ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Mulai dari kelembapan sampai apa ada permukaan dinding yang berlubang atau tidak. Hal-hal tersebut justru akan membuat wallpaper terpasang menjadi tidak sempurna.

Jadi tak ada salahnya mulai memperhatikan kondisi permukaan yang nantinya dipasangi wallpaper. Kondisikan lebih dahulu permukaan dinding supaya nantinya lebih mudah memasang wallpaper. Ini juga untuk mencegah wallpaper menjadi lebih mudah terkelupas.

2. Pemilihan Lem yang Salah

Harus dipahami jika setiap jenis wallpaper memiliki varian lemnya masing-masing. Misalkan untuk wallpaper dari bahan vinyl maka lem yang digunakan akan berbeda dari wallpaper dengan bahan kertas. Hal inilah yang harus diperhatikan pengguna sebelum memasang wallpaper.

Bagaimana cara menemukan lem yang cocok? Ini sebaiknya langsung ditanyakan pada pihak penyedia wallpaper dinding saat membeli wallpaper. Apalagi ada banyak penyedia wallpaper dinding murah yang turut menjual lem untuk masing-masing jenis wallpaper yang ada.

3 . Kurang Memahami Motif Wallpaper

Saat ini motif wallpaper sudah semakin beragam. Mulai dari tema alam sampai dengan bentuk-bentuk abstrak ada di sini. Sayangnya ketika memasang wallpaper tidak semuanya memahami bagaimana motif wallpaper yang dipasangnya.

Pada banyak kasus hal ini membuat wallpaper dipasang terbailik. Tentu saja jika ada kesalahan seperti ini tidak hanya menyebabkan waktu pengerjaan menjadi lebih lama namun juga biaya yang membengkak karena harus menempelkan ulang wallpaper dengan berbagai kebutuhan yang diperlukan.

4 . Posisi Meratakan Lem yang Salah

Untuk meratakan lem pada wallpaper juga memiliki metode tersendiri. Metode yang dimaksud adalah meratakan wallpaper dari bagian ujung ke ujung lainnya. Jangan lupa untuk meratakan daerah sekitar dari ujung wallpaper yang menjadi awal pemasangan tadi.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah saat menekan lem. Pastikan untuk menekan lem dengan tepat guna menghindari adanya gelembung-gelembung udara yang terjebak di dalam wallpaper dan lem rata. Ini untuk mencegah wallpaper menjadi bergelombang.

5. Mengabaikan Sambungan Antar Wallpaper

Sambungan antar wallpaper juga sebaiknya diperhatikan. Pasalnya seringkali wallpaper yang dipasang telah bagus, namun di bagian ujung sambungan terlihat kurang rapi bahkan seringkali tidak pas antara satu dan yang lainnya.

Penggunaan lem saat membuat sambungan antar wallpaper juga harus diperhatikan. Gunakan lem yang lebih kental jika dibanding lem-lem yang sebelumnya. Lalu ketika menempel wallpaper dinding gunakan penggaris mika untuk membuat gelembung lem menjadi lebih rata.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang wallpaper dinding. Selain itu jangan lupa perhatikan masalah pemilihan kualitas wallpaper yang digunakan. Ada banyak tempat jual wallpaper dinding murah namun tentu tidak semua memiliki kualitas yang baik. Jadi perhatikan benar-benar kualitas wallpaper ya.