Komponen – Komponen yang Ada Pada Meja Khusus Gambar Ini Perlu Kamu Ketahui

Anekadekorasi.com – Meja gambar adalah sebuah meja kerja yang khusus diperuntunkan untuk mengambar. Meja gambar memiliki dua bagian penting yaitu, papan gambar dan juga penyanggah. Dalam pembuatan meja gambar, dapat menggunakan material yang terbuat dari kayu lapi, pinus dan masih banyak yang lainnya.

Komponen – Komponen yang Ada Pada Meja Khusus Gambar Ini Perlu Kamu Ketahui

Komponen Meja Gambar

Meja gambar memiliki dua jenis yaitu arm atau bandul dan juga traker. Mesin gambar juga memiliki komponen – komponen yang jarang diketahui oleh penggunanya, komponen dari meja gambar ini terdiri dari

•    Tiang horizontal

Tiang horizontal adalah tiang yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, pada tiang horizontal ini akan diselipkan roda sehingga dapat bergerak dengan bebas.

•    Tiang vertikal

Tiang vertikal sama seperti tiang horizontal, bedanya tiang horizontal ini dapat bergerak ke atas dan ke bawah dengan cara headpro.

•    Ada komponen berupa penggaris

Dalam meja gambar ada sebuah penggaris, penggaris yang ada di meja gambar biasanya memiliki psnjang 20cm – 40 cm.

•    Tiang Pembantu

Meja gambar memiliki tiang pembantu yang memiliki fungsi sebagai pembantu agar gambar menjadi lebih bagus serta rapih. Hal ini dikarenakan headpro dapat melakukan floating pada meja gambar.

•    Headpro

Headpro memiliki fungsi yang sama seperti jangka dan dapat berputar hingga 360°. Hal ini dapat membuat pengambar dapat menyesuikan gambar sesuai dengan yang kamu inginkan. Headpro juga bisa membuat gambar yang kamu buat menjadi lebih bersih dan juga rapih.

Ukuran papan pada meja gambar haruslah mengikuti ukuran kertas gambar yang akan kamu gunakan. Namun, sekarang meja gambar telah memiliki alat yang dapat melipat kertas gambar sehingga kamu tidak perlu sulit – sulit lagi untuk melipat kertas gambar kamu.

Meja gambar ini tidak seperti jenis – jenis meja kerja lainnya. Di mana meja gambar ini dapat diatur ketinggiannya ataupun kemiringannya sesuai dengan yang kamu harapkan. Tujuan dari hal tersebut adalah agar dapat mempermudah menggambar sesuai dengan  posisi yang kamu inginkan, dan tidak lupa juga di mana kemiringan dari papan meja gambar ini adalah agar kamu dapat menjangkau posisi papan gambar yang sulit diraih jika tidak dalam keadaan miring.

Papan gambar dalam meja gambar terbuat dari papan kayu yang tipis dengan dilapisi oleh plastik lunak yang dapat menghindarkan papan dari cuaca yang panas yang dapat menjadikan papan menjadi bengkok. Pada papan gambar juga sebaiknya dilapisi oleh kertas yang lumayan tebal dan juga dilapisi plastik bening.