Membentuk Disiplin Pada Anak Melalui Playground

membentuk-disiplin-pada-anak-melalui-playground

Playground selain berfungsi untuk melatih daya tumbuh kembang sang anak, juga dapat mempengaruhi kedisiplinan pada anak. Sulitnya menemukan playground di ruang public saat saat ini berdampak pada rendahnya tingkat interaksi sosial anak anak kepada teman sebayanya. Sekalinya menemukan playground di ruang public, yang kamu dapatkan hanyalah segerombolan besi usang dan karatan, yang disebabkan karena tak terawatnya playground tersebut.

Mainan Playground dapat meningkatkan interaksi sosial anak, yakni melalui permainan dimana anak dengan teman sebayanya bermain bersama. Saat bermain playgroun ditempat umum, kamu harus memberikan pemikiran pada anak bahwa segala jenis mainan yang terdapat dalam playground public adalah milik bersama, bukan milik salah satu pihak saja. Sampaikanlah pernyataan tersebut dengan bahasa sesederhana mungkin dan dapat dimengerti oleh anak.

Bermain playground anak di ruang public atau tempat umum juga dapat melatih anak untuk berbicara dengan bahasa yang benar, bagi anak anak yang terbata-bata dalam berbicara terhadap sesama teman sebayanya, kamu dapat menuntun anak kamu untuk saling berbicara pada teman teman seusianya.

 

Melatih Disiplin Anak     

Setiap aturan dalam playground umum, biasanya memiliki aturan yang hampir sama seperti, diharuskan menggunakan kaos kaki saat memasuki area playground, tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman di sembarang tempat, jika anak kamu belum mengerti akan peraturan yang diberlakukan pada arena playground, lebih baik kamu menuntun anak kamu untuk mengikuti aturannya dengan cara yang halus dan dapat dimengerti oleh sang anak, sehingga menimbulkan sikap disiplin pada diri sang anak.

Selain itu apabila anak sudah mengerti akan semua peraturan yang disampaikan, biarkan anak kamu untuk bermain sesuka hatinya, biarkan mereka menjadi mandiri. Yang kamu lakukan hanya mengawasinya saja dari kejauhan sudut playground, apabila kamu merasa khawatir dan terus mengikuti kemana anak mu pergi saat berada dalam area bermain, sang anak akan merasa tidak nyaman karena yang kamu lakukan seperti memberikan pembatasa pada ruang lingkup permainannya.

Sekarang kamu sudah tahu kan bahwa playground tidak hanya mengembangkan keterampilan, bakat, potensi, pola berpikir pada anak. Tapi juga dapat untuk meningkatkan kedisiplinan pada anak.