Mengenal Lebih Dalam Soal Bahaya Merokok Bagi Daya Tahan Tubuh Manusia

Mengenal-Lebih-Dalam-Soal-Bahaya-Merokok-Bagi-Daya-Tahan-Tubuh-Manusia

Merokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan kita dan ini sudah terbukti bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis yang mematikan seperti stroke, kanker paru, dan penyakit jantung koroner. Namun nyatanya, penyakit-penyakit tersebut baru sebagian dari bahaya merokok bagi kesehatan kita. Pasalnya ada banyak bahaya merokok lainnya yang tak kita sadari terutama bagi mereka seorang perokok. Bahaya lain tersebut antara lain adalah rentan terhadap penyakit infeksi dan penurunan daya tahan tubuh.

Sebagai bentuk kepedulian akan hal tersebut saat ini sudah digalangkan dan dikampanyekan dengan sangat tegas di baliho atau direklame tentang himbauan dilarang merokok yang bisa kitas lihat dimana saja.  Di dalam rokok ternyata terkandung berbagai bahan kimia yang biasanya jarang kita dengar dan tidak kita konsumsi pada makanan dan minuman sehari-hari.

Berikut beberapa bahan berbahaya yang terkandung pada rokok, antara lain :

  1. Asam asetat, digunakan untuk bahan cat rambut
  2. Benzene, terdapat pada semen
  3. Karbon monoksida, tercipta dari asap knalpot
  4. Lead, digunakan untuk baterai
  5. Tar, digunakan untuk aspal jalan
  6. Nikotin, digunakan untuk insektisida
  7. Methanol, digunakan untuk bahan bakar roket
  8. Arsenik, digunakan untuk racun tikus
  9. Amonia, digunakan untuk membersihkan lantai rumah
  10. Aseton, digunakan sebagai bahan pembersih kuteks atau cat kuku.

 

Efek Rokok Pada Tubuh

Efek-Rokok-Pada-Tubuh

Efek merokok memang telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi di dunia. Sebab berbagai penelitian sudah membuktikan ada banyak bahaya paparan asap rokok bagi kesehatan seperti impoten (disfungsi ereksi), stroke, serangan jantung, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut, asma, dan infeksi paru-paru.

Sementara itu bahkan yang lebih menyedihkan lagi ialah bahaya merokok tak cuma berlaku bagi perokok saja. Namun orang-orang yang ada di sekitar perokok pun sangat berisiko tinggi terkena efek tersebut.

Berikut beberapa efek ketika anda anda menghisap asap rokok, antara lain :

  1. Dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah sehingga akan membuat anda sangat rentan mengalami berbagai penyakit infeksi.
  2. Dapat menyebabkan rambut halus di saluran pernapasan menjadi rusak dan otot-otot kecil yang berada di saluran pernapasan akan terus berkontraksi.
  3. Menyebabkan kadar oksigen dalam darah menjadi berkurang sebab karbon monoksida yang ada pada darah justru akan mengalami peningkatan dari paparan asap rokok tersebut.
  4. Bisa menyebabkan tekanan darah dan detak jantung anda meningkat. Akan tetapi di saat yang sama aliran darah ke pembuluh darah kapiler anda justru menjadi berkurang.

Nah itulah artikel sederhana seputar bahaya rokok. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Kunjungi www.gosign.co.id, apabila membutuhkan informasi lebih lengkap. Kami dengan senang hati akan membantu anda.

COMMENTS