Panduan Memilah Perlengkapan Pemadatan Menurut Tipe Objek

Panduan Memilah Perlengkapan Pemadatan Menurut Tipe Objek

Bila anda memahami bernilainya permukaan yang dipadatkan dengan benar dalam mendukung bangunan maupun jalan, anda juga tahu betapa bernilainya memilah pemadat yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Baik anda bekerja dengan tanah granular maupun kohesif (maupun campuran keduanya), anda mempunyai banyak opsi untuk dipertimbangkan.

Cocokkan materi dengan compactor

Sebab utama dalam memilah perlengkapan pemadatan yakni tipe material-granular versus kohesif.

Tanah granular (kerikil & pasir

Tanah granular paling baik dipadatkan dengan aksi getaran, layaknya dari piring. Selama zona yang dikompresi tak lebih dalam dari 6 inci, vibrator plat mau melakukan pekerjaan dengan baik untuk zona berukuran kecil maupun menengah. Untuk material yang lebih dalam maupun zona permukaan yang gede, rol getar lebih efisien & bekerja sama baiknya.

Sebagai objek granular, aspal membutuhkan pemadatan oleh getaran & tekanan untuk hasil terbaik. Layaknya disebutkan di atas, gunakan pelat getaran kecuali anda mempunyai zona yang luas layaknya jalan masuk maupun jalan. Dalam hal itu, gunakan roller getaran drum ganda.

Tanah kohesif (tanah liat & lumpur)

Secara umum, “lengket” tanah, makin tidak mudah untuk dipadatkan. Itu sebab partikel-partikel saling melekat, sampai-sampai tidak mudah untuk mengatur ulang & memaksa udara keluar.

Untuk mengompresi tanah liat & material kohesif yang ada, anda mau membutuhkan perlengkapan dengan lebih banyak pukulan, layaknya dorongan kuat-kuat. Namun, rammers paling cocok untuk zona bekerja yang lebih kecil, layaknya di parit & di sekitar fondasi. Bila anda mempunyai zona yang luas untuk dikompres, roller getaran juga melakukan pekerjaan selama anda memakai roller mode pad-foot.

Pertimbangkan sebab pemadatan yang ada

Walaupun tipe tanah yakni sebab terutama dalam memilah perlengkapan pemadatan, aspek-aspek lain mempengaruhi mutu pemadatan:

  • Konten kelembaban
  • Ukuran partikel tanah
  • Kompaksi lewat batas & kurang
  • Konten kelembaban

Walaupun tak signifikan untuk objek granular, kelembaban ialah perkara yang sangat kritis dalam tanah yang kohesif.

Tanah kohesif bosan

Jumlah uap air di tanah mempengaruhi pemadatan sebab berfungsi sebagai pelumas untuk membantu partikel tanah meluncur lebih rapat. Tapi bila tanah begitu lembab, ini mampu berdampak perkara. Ini mungkin kelihatan dipadatkan, tapi lubang yang diisi air masih ada. Sekarang rongga diisi seluruhnya dengan air, tak ada kekuatan untuk menyatukan partikel-partikel, & pemadatan tak efektif.

Tanah kohesif kering

Tanah yang begitu kering tak tahan wujudnya. Itu berarti bahwa pemadatan tak memadai, objek condong retak.

Ukuran partikel tanah

Ketika bekerja dengan tanah granular, berbagai ukuran partikel bereaksi tidak sama kepada berbagai frekuensi (getaran) yang dipakai.

Partikel yang lebih kecil — perlu frekuensi lebih mulia, layaknya yang diaplikasikan oleh pelat getaran.

Partikel yang lebih gede — ​​membutuhkan frekuensi yang lebih rendah dari perlengkapan yang lebih gede layaknya roller getaran.

  • Drum-roller, rol drum ganda
  • Roller kompaksi-bomag bw 90 ad-5
  • Kompaksi lewat batas & kurang kompaksi

Handal yang secara tertib bekerja dengan perlengkapan pemadatan & mode tanah yang tidak sama biasanya tak mempunyai perkara dengan pemadatan berlebih maupun kurang. Namun, diyer perlu menyadari perkara itu, sebab mereka dapat berdampak banyak kesulitan sebab tak memadat sama sekali!

Over-compaction

Pemadatan berlebih sesungguhnya memecah tanah menjadi partikel yang lebih kecil, menukar komposisinya. Material yang begitu padat lebih rapuh, yang mampu berdampak keretakan. Untuk menjauhi hal itu, tinjau peringkat pemadatan perlengkapan anda (seberapa dalam ia memadatkan tanah) & membandingkannya dengan kedalaman tanah ruang anda bekerja.

Under-compaction

Kurang-kompaksi dapat terjalin bila operator memilah perlengkapan yang:

  • Tak cukup kokoh untuk tipe tanah.
  • Tak cocok untuk kedalaman tanah.
  • Tak efisien untuk ukuran pekerjaan (mis., titik terlampaui maupun begitu sedikit lintasan).

Pertanyaan tentang perlengkapan pemadatan?

Bila anda tak yakin perlengkapan pemadatan mana yang terbaik untuk pekerjaan anda, kami dapat memandu anda melalui proses penentuan. Anda juga dapat memohon penawaran pada pemadat piring, rammers, maupun vibrator roller kami-untuk disewa maupun dibeli.