Perancangan Kamar Nyaman, Aman, dan Menawan untuk si Kecil

Tips Merancang Kamar yang Aman untuk si Kecil

Merancang kamar untuk si kecil pasti sangat menyenangkan. Kamar anak-anak identik dengan warna-warna yang cantik dan desain yang menarik. Namun, desain kamar untuk anak juga harus penuh perhatian. Bahan-bahan yang digunakan untuk kamar tidur anak harus terbuat dari bahan yang aman untuk si kecil.

 

Tips Merancang Kamar yang Aman untuk si Kecil

Bunda pasti ingin si kecil terbebas dari segala debu, penyakit atau hal-hal berbahaya. Oleh karena itu untuk merancang kamar tidur yang aman, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Furniture Berbahan Lembut

Untuk kamar anak-anak, furniture seperti meja, lemari dan kursi sangat krusial. Usia anak-anak adalah usia mereka sangat aktif dan banyak bergerak, sehingga akan sangat berbahaya apabila mereka, terjatuh atau tidak sengaja membentur furniture yang berbahaya. Oleh karena itu, furniture bisa terbuat dari bahan yang lembut. Untuk furniture kursi dan meja, Bunda bisa memilih kursi plastik yang lebih aman. Untuk lemari, Bunda bisa meletakkan lemari di tempat yang jauh dari aktivitas si kecil. Bunda juga bisa menempelkan pelindung sudut-sudut furniture.

Pemilihan Lantai

Selain furniture berbahan lembut, Bunda perlu memasang lantai yang tepat. Lantai berbahan vinyl adalah lantai yang tepat untuk kamar anak. Lantai ini memiliki tekstur yang halus sehingga nyaman untuk dipijak anak-anak. Selain itu, lantai vinyl juga tahan lama dan mudah untuk dibersihkan. Lantai vinyl juga memiliki ketebalan yang cukup yaitu sekitar 1mm hingga 4,5 mm sehingga mampu meredam suara anak-anak yang sedang bermain.

Salah satu merek vinyl lantai yang terkenal adalah vinyl daeji. Harga vinyl lantai daeji ini cukup murah dibandingkan jenis lantai lainnya. Kira-kira harga vinyl lantai daeji ini dibandrol Rp 186.000 per meter atau Rp 618.000 per box.

Pemilihan Dinding

Dinding juga faktor yang perlu diperhatikan oleh Bunda. Apabila memungkinkan, dinding kamar tidur anak tebal dan kedap suara supaya anak bisa bermain dengan bebas tanpa khawatir akan mengganggu orang lain. Selain itu, Bunda juga bisa memanfaatkan dinding sebagai bahan kreativitas anak. Akan sangat menarik bila dinding dijadikan kanvas atau papan tulis. Bunda tidak perlu khawatir dinding kotor, anak juga bisa semakin memperkaya imajinasinya.

Desain Kamar Anak yang Menarik

Untuk mendesain kamar Anak, Bunda perlu menggunakan tema tertentu agar kamar semakin menarik. Bunda bisa berdiskusi dengan anak untuk menentukan tema kamar yang dia inginkan. Beirkut merupakan contoh-contoh rancangan desain kamar anak yang menarik:

1. Kamar Tema Princess

Kamar Tema Princess

Kamar tema princess yang identik dengan warna pink sangat cocok untuk anak perempuan. Rata-rata anak perempuan ingin menjadi putri-putri kerajaan seperti dalam buku dongeng dan film favorit mereka.

2. Kamar Tema Mobil-Mobilan

 Kamar Tema Mobil-Mobilan

Anak laki-laki identik dengan hal-hal maskulin seperti mobil-mobilan. Nah, Bunda bisa menggunakan konsep mobil-mobilan untuk kamar jagoan Bunda. Kasur anak bisa dirancang seolah-olah berbentuk mobil, sehingga Anak dekat dengan benda favoritnya.

3. Kamar Tema Circus

Kamar Tema Circus

Untuk kamar anak yang lebih netral tanpa gender spesifik, Bunda bisa menggunakan konsep circus. Bunda bisa merancang tempat penyimpanan barang anak berbentuk komedi putar dan menggunakan bendera-bendera sebagai penghias kamar.

4. Kamar Tema Hutan

Kamar Tema Hutan

Anak-anak umumnya suka dengan binatang. Nah, Bunda bisa merancang kamar anak seolah-olah hutan. Nuansa kayu dan pepohonan hijau identik dengan desain ini. Bunda juga bisa mengumpulkan boneka-boneka hewan untuk si kecil.