Tentu Awet! Ini Lima Langkah Pas Menjaga Vinyl Lantai

Tentu Awet! Ini Lima Langkah Pas Menjaga Vinyl Lantai

Di dasarnya, langkah menjaga vinyl lantai sama dengan perawatan lantai kayu serta lantai keramik biasa. Namun di lantai vinyl tidak dianjurkan memakai sering air setiap saat membersihkannya sebab hal layaknya ini bisa turunkan ketahanan serta usia vinyl.

Layaknya yang kita tahu, ada beberapa jenis lantai vinyl yang dipasarkan di pasar. Tetapi, jenid yang sangat sering disukai ialah vinyl lantai roll sebab harga yang lumayan dapat dijangkau. Vinyl itu adalah tipe vinyl gulungan yang memiliki bentuk seperti layaknya karpet. Sebetulnya sama juga dengan karpet, yang tidak sama hanya material pembentuknya. Di biasanya karpet dibuat dari nylon serta cotton, sedang vinyl gulungan memiliki bahan fundamen pvc (polivinyl chloride). Dengan penggunaan normal, tipe vinyl layaknya ini dapat bertahan sampai lebih dari 10 tahun. Walau demikian, dibutuhkan perawatan lantai vinyl gulungan yang baik agar dapat lebih awet serta tidak cepat rusak.

Langkah menjaga vinyl lantai

1. Bersihkan noda membandel

Jika kamu temukan kotoran yang susah dibikin bersih dengan memakai sapu serta kain pel. Bersihkanlah noda itu dengan menyemprotkan cairan mpc atau cairan pembersih yang lain. Kemudian, gosok noda memakai spons dengan lembut sampai lenyap serta keringkan memakai lap kering. Untuk menghindarkan munculnya noda membandel, selekasnya membersihkan vinyl lantai dari kotoran layaknya tumpahan teh, sirup, atau kopi. Jangan dibiarkan noda layaknya itu jadi kering serta meresap ke dengan pori – pori vinyl.

2. Perawatan harian

Sebetulnya tidak ada langkah spesial yang perlu dikerjakan sehari-harinya untuk menjaga vinyl lantai roll. Tetapi, untuk masih jaga kebersihannya agar terlepas dari noda membandel, kamu dapat memakai vacuum cleaner yang mempunyai selang dengan bulu lembut untuk hilangkan debu – debu yang melekat di permukaan vinyl. Langkah yang lebih simpel dapat dikerjakan sehari-harinya dengan menyapunya memakai sapu memiliki bahan fundamen nylon lembut agar tidak memunculkan guratan di vinyl.

Disamping itu, kamu mesti memerhatikan benda – benda serta furniture yang diletakkan di atas permukaan vinyl. Jangan sering menggeser benda dengan berat yang lumayan berat agar lantai vinyl tidak cepat mengerut, robek, serta rusak permanen. Tetapi bila kondisi mewajibkan kamu untuk menggeser benda layaknya itu, pakailah alas papan agar benda itu tidak mendesak vinyl dengan cara langsung.

3. Perawatan mingguan

Tidak hanya membersihkannya tiap hari, kamu mesti mengepel vinyl lantai roll memakai cairan spesial pembersih vinyl yang sering dipasarkan di pasar serta pakailah kain mop. Sesudah mengepelnya memakai cairan pembersih itu, kerjakan pengepelan dengan lap yang tidak sama serta memakai air bersih. Lantai vinyl yang sudah dipel seharusnya langsung dikeringkan dengan lap kering atau memercayakan pertolongan kipas angin. Jangan dibiarkan air perlahan meresap ke dengan pori – pori vinyl sebab ini dapat turunkan ketahanan vinyl. Lakukan perawatan layaknya ini minimal dua sampai 3x dengan satu minggu.

4. Perawatan tambahan

Tidak sama dengan cara-cara awalnya, perawatan kesempatan ini cukup memerlukan waktu yang lumayan lama sebab kamu harus melakukan perbaikan vinyl yang ketika terkelupas. Tetapi hal layaknya ini umumnya cuma berlangsung bila vinyl sudah lama digunakan serta mempunyai umur yang telah lumayan tua. Jadi, kamu mesti lakukan perawatan tambahan dengan menyambung kembali vinyl itu memakai lem yang sama dipakai saat menempatkan vinyl. Bila kamu sukses melakukan perbaikan dengan rapi, jadi lantai vinyl mampu kelihatan layaknya baru.