BOLEHKAH MELAKSANAKAN IBADAH UMROH BERKALI-KALI? BERIKUT PENJELASANNYA

BOLEHKAH MELAKSANAKAN IBADAH UMROH BERKALI-KALI? BERIKUT PENJELASANNYA

Melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci pastinya menjadi sebuah impian tiap umat muslim. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat menunaikan ibadah umroh. Banyak dari kita yang tidak bisa untuk mewujudkan untuk melaksanakan ibadah umroh sebab biaya yang cukup mahal. Seenggaknya dibutuhkan dana sekitar 20 jutaan untuk dapat menunaikan ibadah umroh.

Tetapi, banyak juga umat muslim yang beruntung diberikan rejeki dan harta berlimpah sehingga bisa menunaikan ibadah umroh berkali-kali ke tanah suci. Lalu, apakah melaksanakan ibadah umroh berkali-kali diperbolehkan dalam islam? Berikut ini beberapa penjelasannya.

Sebuah ibadah agr diterima oleh Allah SWT, harus terpenuhi oleh dua syarat yaitu iklhas serta harus dibarengi dengan mutaba’ah atau mengikuti contoh rasul). Dengan demikian tak hanya cukup mengandalkan ikhlas semata, namun harus mengikuti petunjuk dari Rasulullah ‘alaihi wa sallam. Dan menunaikan ibadah umroh termasuk kedalam kategori ini. Sebagai ibadah yang di isyaratkan, maka harus disesuaikan dengan rambu-rambu syariat.

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam mengejakan ibadah umroh sebanyak empat kali. yakni umroh hudaibiya, umroh qadha dan umroh ji’ranah serta umroh ke empat bersamaan dengan pelaksanaan haji beliau.” (HR. Tirmidzi, no. 816 dan ibnu majah no. 2450).

Dan menurut ibnul qayyim, dalam masalah ini tak ada sebuah perbedaan pendapat. Setiap menunaikan ibadah umroh, beliau kerjakan dalam sebuah perjalanan tersendiri. menunaikan ibadah umroh secara tersendiri, tanpa disertai haji dan sekali menunaikan ibadah umroh bersamaan dengan haji.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar umroh plus turki, dapat mengaksesnya di umrohplusturki.net.